Perasaan yang sering muncul saat WFH. Nomor 3 yang paling diinginkan

Masa pandemi yang belum kunjung selesai ini menyebabkan banyak orang tua yang masih WFH alias bekerja dari rumah. Ada orang tua yang bersyukur karena WFH, namun ada juga yang kurang suka dengan WFH entah karena tidak biasa ataupun WFH menimbulkan masalah baru. Pada bahasan singkat kali ini, akan dibahas jenis-jenis perasaan yang sering muncul saat orang tua WFH.





1. Perasaan kesal karena tidak bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Orang tua yang WFH terutama yang memiliki anak yang SFH biasanya sering merasa kesal karena tidak bisa produktif selayaknya bekerja di kantor. Ini terjadi karena masuknya urusan rumah ke dalam 8 jam bekerja. Ini mengakibatkan ada beberapa pekerjaan kantor yang akhirnya tertunda untuk dikerjakan.

2. Perasaan bersalah karena tidak bisa memberikan perhatian cukup kepada anak.

Jika anda memilih untuk tetap fokus dengan pekerjaan anda selama 8 jam di rumah, maka bisa muncul perasaan lainnya yang mengganggu. Perasaan itu tidaklah lain adalah perasaan bersalah. Mengapa bersalah? Memang anda salah apa? Ada orang tua yang merasa bersalah karena merasa tidak memberikan perhatian yang cukup kepada anaknya, padahal secara fisik mereka ada di rumah. Perasaan ini terbukti cukup mengganggu, apalagi jauh di dalam lubuk hati, mereka merasa anak sebetulnya lebih penting daripada pekerjaan.

3. Perasaan senang.

Dalam menjalani WFH, ada orang tua yang merasa senang. Senang karena banyak hal, mulai dari terhindar dari kemacetan jalanan, bisa bangun lebih siang, bisa menghabiskan waktu lebih bersama keluarga, atau hanya sekedar merasakan suasana libur karena fisik anda tidak harus ke kantor. Biasanya alasan yang terakhir ini akan membuat anda lupa dengan hari dan tanggal, karena merasa setiap hari adalah weekend.

4. Perasaan bosan

Bekerja dari rumah alias WFH juga bisa menyebabkan perasaan bosan melanda, terutama apabila anda merupakan pribadi yang aktif. Kurangnya variasi bekerja saat WFH juga bisa menjadi penyebab kebosanan melanda.

5. Perasaan frustasi / stress

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan baik pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah bisa membuat anda merasa stress. Stress merupakan perasaan yang muncul karena banyak yang harus dikerjakan di waktu yang terbatas. Gagal menentukan prioritas biasanya menjadi penyebab utama anda merasakan perasaan ini.

Itu dia lima perasaan yang sering muncul saat WFH. Apakah anda merasakan salah satunya? Silahkan berikan komentar di bawah jika anda merasakan perasaan lainnya yang tidak termasuk 5 perasaan di atas.


Jika kita lihat, 4 dari 5 perasaan yang sering muncul ini adalah perasaan yang membuat kita tidak nyaman. Lantas bagaimana jika anda merasakan perasaan yang tidak nyaman tersebut? IDEplus membawa jawaban untuk anda yang merasakan perasaan tidak nyaman saat WFH. Melalui workshop online bertajuk “Be A Guilty Free Working Parents”, anda akan diajak untuk membebaskan diri dari perasaan yang membebani anda saat WFH. Tidak hanya terbebas dari perasaan yang tidak nyaman saja, tetapi anda juga akan dibekali kemampuan untuk kompak bekerja sama dengan pasangan anda dalam mengurus anak di saat WFH ini. Jadi, tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda dengan klik disini.

IDEplus adalah lembaga pendidikan soft-skill untuk anak dan remaja. Kami siap menjadi rekan orang tua dalam mempersiapkan fondasi sukses anak di masa depan.

CONTACT >

        : +6287745869691

4705398-whatsapp-logo-download-whatsapp-