Memulai tahun baru dengan baik

Selamat Tahun Baru 2021 untuk kita semua. Tidak terasa tahun 2020 yang unik telah kita lalui bersama. Semoga Smart Parents yang sedang membaca tulisan ini dalam keadaan sehat dan baik bersama keluarga di rumah.





Mengawali tahun baru biasa diwarnai dengan membuat resolusi yang merupakan harapan yang ingin dicapai. Ada yang ingin lebih baik secara finansial, kesehatan, karir / bisnis, sampai dengan bentuk tubuh yang dirasa lebih baik. Apakah membuat resolusi ini penting? Haruskah kita membuatnya?


Sebetulnya yang penting itu bukanlah membuat resolusinya, semangat positif untuk memulai tahun inilah yang penting. Semangat positif ini akan menjadi bahan bakar untuk diri kita dalam memulai sesuatu, termasuk memulai tahun 2021 ini.


Memiliki bahan bakar yang positif sering kali juga disebut dengan optimis. Ditinjau dari artinya, menurut KBBI optimisme memiliki arti paham (keyakinan) atas segala sesuatu dari segi yang baik dan menyenangkan. Arti lainnya adalah sikap selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal. Dari arti inilah dapat disimpulkan bahwa optimisme ini sangat penting dimiliki terutama untuk memulai suatu hal terutama saat mengambil langkah awal.


Tidak hanya sebagai energi untuk langkah awal, optimisme juga memiliki kegunaan sebagai “penjaga” api semangat kita dalam mencapai sesuatu. Meskipun bisa menjadi penjaga api semangat, tetapi terkadang optimisme juga bisa padam di tengah jalan bahkan sebelum mulai jalan sekalipun. Pasti Smart Parents pernah mendengar kalimat “kalah sebelum berperang”, ini merupakan kalimat yang ditujukan kepada orang yang tidak memiliki optimisme atau orang yang optimismenya padam sebelum mulai. Tentu Smart Parents bukan orang yang seperti ini bukan? Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang dapat digunakan agar optimisme tidak mudah padam, antara lain :

  • Membuat goal yang memungkinkan untuk dicapai. Ini hal yang sangat penting sekali. Jika goal yang dibuat terlalu mustahil untuk dicapai maka semangatpun akan bisa padam bahkan sebelum memulai. Dengan menentukan goal yang pas (tidak terlalu mudah, tidak mustahil) maka akan membuat semangat dan optimisme kita tumbuh dan bertahan seiring perjalanan waktu. Untuk memperkuat goal yang ingin dicapai kita bisa membuat visual dari goal tersebut dengan menulisnya atau dengan menampilkan gambar goal tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat, misalkan menjadi wallpaper HP.

  • Membuat goal yang jelas dan detil. Semakin jelas dan detil goal yang dibuat maka akan semakin kuat visualisasi yang terbentuk di pikiran kita. Contoh goal yang kurang detil = ingin beli mobil. Contoh goal yang detil = ingin beli mobil toyota fortuner warna hitam berbahan bakar diesel.

  • Pastikan kita memiliki persiapan yang cukup dalam mengejar goal tersebut. Yang dimaksud dengan persiapan disini bisa berupa pengetahuan, wawasan, alat yang dibutuhkan untuk mencapai goal tersebut. Banyak orang diluar sana yang jatuh semangatnya karena tidak memiliki persiapan yang baik dalam mengejar goal mereka

  • Buat checkpoint untuk setiap pencapaian-pencapaian kecil. Dengan memberikan apresiasi kepada diri kita atas pencapaian kecil yang kita dapatkan akan membuat semangat dan optimisme terjaga tetap sehat di dalam diri kita

  • Bayangkan perasaan positif jika kita mencapai goal yang kita inginkan. Meskipun kita belum mencapai apa yang kita inginkan tetapi kita sudah bisa membayangkan perasaan bahagianya. Dan perasaan bahagia ini akan menguatkan semangat kita dan mengingatkan mengapa kita ingin mengejar goal ini at the first place


Dari tips yang diberikan, Smart Parents akan terbantu untuk dapat memulai tahun 2021 dengan optimis dan semangat yang baik serta menjaga semangat dan optimisme tetap baik selama mengejar goal yang ingin dicapai.

0 views0 comments

IDEplus adalah lembaga pendidikan soft-skill untuk anak dan remaja. Kami siap menjadi rekan orang tua dalam mempersiapkan fondasi sukses anak di masa depan.

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • whatsapp