3 Kunci KB (Komunikasi Baik ; Kualitas Hubungan Baik ; Keluarga Bahagia)

Mom and dad setelah kita mengetahui bahwa hubungan bermakna merupakan salah satu kunci kebahagiaan sebagai manusia, maka langkah selanjutnya adalah membangun hubungan bermakna tersebut dengan sesama anggota keluarga. Bagaimana caranya? Kali ini kami akan membagikan salah satu kunci untuk bisa membangun hubungan bermakna tersebut. (baca juga hubungan bermakna adalah kunci kebahagiaan)


Bicara tentang hubungan keluarga tidak akan pernah lepas dari yang namanya komunikasi. Bagaimana komunikasi kita di dalam keluarga sangat menentukan sedekat apa hubungan kita antar anggota keluarga. Betul memang mom and dad pasti sudah bisa berkomunikasi dengan dengan anak. Oleh karena itu yang akan kami bagikan adalah cara untuk menyempurnakan komunikasi orang tua dan anak agar komunikasi menjadi efektif.


Kuncinya adalah SIM


SIM disini bukan Surat Ijin Mengemudi tetapi SIM yang dimaksud adalah Suara, Intonasi, dan Maksud saat berbicara. Dengan menggunakan SIM, komunikasi di dalam keluarga akan berjalan lebih efektif yang akan berujung keterbukaan di dalam keluarga. Dan jika sudah saling terbuka maka hubungan antar anggota keluargapun akan lebih dekat dan intim. Lalu bagaimana menggunakan SIM dalam komunikasi? Yuk mom and dad kita simak bersama.


1. Suara

Dalam komunikasi verbal, suara merupakan hal yang vital. Salah menggunakan suara akan menyebabkan orang lain enggan mendengarkan kita. Saat berbicara hendaknya mom and dad menggunakan besar suara sedang atau kecil. Hindari penggunaan suara besar / keras / berteriak karena akan membuat kawan bicara kita menutup jalur komunikasi dengan kita. Mom and dad bisa praktekan di rumah saat sedang bicara dengan anak atau pasangan gunakan suara kecil maka otomatis mereka akan mendekatkan diri kepada anda. Alasannya sangat sederhana antara mereka penasaran dengan apa yang disampaikan atau tidak terdengar. Apapun alasannya sebetulnya kita sudah mendapatkan perhatian mereka untuk mendengarkan kita. Jadi kalau mau komunikasi antar keluarga lancar hindarilah penggunaan suara besar, kecuali dalam keadaan darurat. (baca juga mengaa anak tidak mau mendengarkan kita)


2. Intonasi

Intonasi adalah nada bicara yang digunakan. Mom and dad mungkin tahu kalau dalam bernyanyi kita mengenal 7 nada (do,re,mi,fa,sol,la,si). Sedangkan dalam berbicara kita bisa menggunakan 3 nada bicara (rendah, sedang, tinggi). Masing-masing nada bicara memiliki fungsi yang berbeda-beda. Nada bicara tinggi biasanya membawa luapan emosi yang tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa emosi adalah perasaan, sehingga emosi tinggi bukan hanya bicara tentang marah, tetapi juga senang, sedih, dan perasaan lainnya). Sedangkan nada bicara rendah bisa digunakan untuk menaikan impresi bagi yang mendengarkan karena terkesan lebih tenang, bijak, dan elegan. Jadi saat kita berbicara dengan pasangan atau anak, sesuaikan nada bicara dengan tepat agar apa yang disamapaikan tidak hanya masuk ke telinga mereka tetapi juga masuk ke hati mereka.


3. Maksud bicara

Jika kita sudah menggunakan suara dan intonasi dengan baik namun maksud kita berbicara kurang tepat, maka komunikasipun tidak dapat berjalan dengan baik. Contoh maksud bicara kurang tepat seperti menyindir, membully, merendahkan, memojokan dan maksud-maksud lain yang dapat membuat tidak nyaman pendengarnya. Begitu juga sebaliknya, jika maksud kita berbicara sudah baik maka pastikan kita memakai suara dan intonasi yang tepat, jika tidak maka maksud yang disampaikan bisa disalahartikan oleh pendengar.


Contoh : Silahkan baca kalimat di bawah ini :

  • Aku sayang kamu

  • Aku sayang kamu?

Perbedaan tanda baca akan mengakibatkan perbedaan intonasi yang dipakai. Meski kalimat yang disampaikan sama namun nyatanya dapat disalahartikan jika penggunaan intonasinya kurang tepat.


Dengan mengerti penggunaan SIM maka dapat dipastikan komunikasi antar anggota keluarga akan baik. Komunikasi yang baik akan membangun hubungan emosional yang baik. Hubungan emosional yang baik akan memastikan kebahagiaan keluarga terwujud. Yuk kita pakai SIM kita di rumah.

Recent Posts

See All